Critical Book Review Manajemen Pendidikan
Critical Book Review Manajemen Pendidikan
Disusun oleh:
Nama : DORY FERNANDA
NPM : 1702050112
BUKU I
A. Identitas Buku I
1. Judul Buku : Manajemen Pendidikan Masa Kini
2. Penerbit : UMSU Press
3. Penulis : Muhammad Arifin, M. Pd
Dr. Elfrianto, M.Pd
4. Tahun Terbit : 2017
5. Tebal Halaman : 385
6. Gambar buku :
B. Pembahasa Buku Manajemen Pendidikan Masa Kini
1. PENGERTIAN MANAJEMEN
Membahas tentang manajemen tentunya harus diawali dengan pemahan tentang pengertian manajemen. Secara etimologis, kata manajemen berasal dari bahasa inggris; management. akar kata yang berasal dari manage, atau managiare yang memiliki makna; melatih kuda dalam melangkah kakinya. Definisi lain, manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Secara luas, manajemen meliputi perencanaan, perorganisasian,, pengarahan, pengawasan, pengendalian, evaluasi sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan efektif dalam arti luas.
Secara terminologi, kata manajemen dapat diartikan 4 hal sebagai berikut:
1. Kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan;
2. Segenap perbuatan menggerakkan sekelompok orang atau mengarah segala fasilitas dalam suatu usaha kerja sama untuk mencapai tujuan;
3. Bekerja dengan menggunakan/meminjam tangan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu;
4. Memfasilitasi atau melayani dan menggerakkan orang lain dalam organisasi agar dapat bekerja optimal dalam rangka mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.
2. FUNGSI MANAJEMEN
Ada yang menyebut manajemen dengan singkatan POAC(Planning, Organizing, Actuating, and Controlling). Singkatan ini diambil dari defenisi menurut terry dan franklin dalam jejen mustafa; manajemen pendidikan; teori, kebijakan dan praktik, prenadamedia group, 2015. Sedangkan singkatan PODAS(Planning, Organizing, Directing, Actuating and Staffing), singkatan ini dijuluki oleh penulis blog.
Fungsi dan aktivitas manajemen diantaranya:
1. Planning
· Forecasting
· Developing objectives
· Developing Strategies
· Tasking
· Scheduling
· Budgeting
· Developing Policies
· Developing Procedures and Processes
2. Organizing
· Defening Work
· Grouping Work
· Assigning Work
· Integrating Work
3. Leading
· Motivating
· Comminating
· Decision Making
· Selecting People
· Developing People
4. Controlling
· Developing Standards
· Measuring Performance
· Evaluating Performance
· Correcting performance
Melihat fungsi-fungsi manajemen di atas sangat jelas bahwa fungsi-fungsi manajemen dijabarkan berdasarkan kebutuhan suatu organisasi atau lembaga. Semakin besar sebuah organisasi, atau lembaga maka akan semakin banyak pula fungsi-fungsi manajemen yang akan diterapkan
3. DEFENISI PENDIDIKAN
Defenisi ini sesuai yang terkandung dalam UUD no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Pada ayat (1) dinyatakan; pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara efektif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Pendidikan adalah suatu bentuk edukasi yang mana prinsip-prinsip pembelajaran berikut dapat diterapkan, yaitu:
1. Pihak yang diberikan pendidikan (trainee) harus dapat dimotivasi untuk belajar;
2. Trainee harus mempunyai kemampuan belajar;
3. Proses pembelajaran harus dapat dipaksakan atau diperkuat;
4. Pendidikan harus menyediakan bahan-bahan yang dapat dipraktikkan atau diterapkan;
5. Bahan-bahan yang dipresentasikan harus memiliki arti yang lengkap dan memenuhi kebutuhan;
6. Materi yang diajarkan harus memiliki arti yang lengkap dan memenuhi kebutuhan,
4. JALUR SILUMAN
Didalam Buku ini menjelaskan : di jalur ini siswa yang tak lulus berdasarkan nilai SKHUN bisa mengikuti test. Pelaksanaannya yang tidak transparan biasanya menjadi pintu masuk. Harganya pun sangat bervariatif mulai Rp.3 jutaan hingga Rp.15 juta. Patokan harga ini tentunya berdasarkan sekolah favorit atau tidak. Terkait adanya jalur ini tentunya semua kalangan atau masyarakat berharap agar dihentikan karena merusak dunia pendidikan.
C. Kelebihan Buku
· Menurut saya buku ini mengajarkan kita tidak hanya menjadi guru saja melainkan menjadi kepala sekolah
· Di dalam buku ini banyak menjelaskan tentang manajemen dan pendidikan yang baik dan cocok diterapkan di kehidupan masa kini.
· Isi yang ditawarkan dalam buku ini sangat detail, dilengkapi dengan tabel
· Materinya dapat diterapkan dalam setiap organisasi dalam dunia pendidikan maupun masyarakat.
· Buku ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman tentang manajemen pendidikan masa kini yang mayoritas membahas tentang berbagai organisasi disekolah.
D. Kelemahan Buku
· Dari harga buku ini tergolong mahal bagi kalangan mahasiswa
· Buku ini terlalu tebal dan mengakibatkan pembaca langsung berfikir malas membacanya.
· Terdapat banyak gambar yang warnanya tidak jelas.
· Terdapat banyak kesalahan pengetikan dan pengejaan kata.
BUKU II
A. Identitas Buku II
1. Judul Buku : Psikologi Pendidikan
2. Penerbit : Perdana Publishing
3. Penulis : Dr. Mardianto, M.Pd
4. Tahun Terbit : 2012
5. Tebal Halaman : 267
6. Gambar Buku :
B. Isi Buku
1. PENGERTIAN PENDIDIKAN
Pengertian pendidikan dapat dilihat dari dua sudut yani etimologi dan terminologi. Menurut etimologi asal usul kata Psikoligi Pendidikan dapat dijabarkan dalam dua kata yakni ''Psikoligi'' dan 'Pendidikan''. Psikologi pertama secara etimologi adalag istilah hasil peng-Indonesia-an dari bahasa asing, yakni bahasa inggris ''psychology''.
2. PENGERTIAN DAN TUJUAN BELAJAR
Belajar adalah syarat mutlak untuk menjadi pandai dalam semua hal, baik dalam hal ilmu pengetahuan maupun dalam hal bidang keterampilan atau kecakapan.
Ciri-ciri kematangan belajar adalah :
· Aktivitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu yag belajar, baik aktual, maupun potensial.
· Perubahan itu Pada dasarnya berupa didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama.
· Perubahan itu terjadi karena usaha.
C. Kelebihan Buku
· Menurut saya buku lebih banyak menjelaskan bagaimana cara belajar dan mendidik
· Buku ini juga menjelaskan untuk lebih bermotivasi lagi dalam mendidik, dan menjelaskan bagaimana teori-teoi belajar siswa.
· Cover dari buku ini cukup menarik, kertas yang digunakan bagus
· Buku ini banyak menjelaskan bagimana cara mendidik dan dididik
D. Kelemahan Buku
· Kertas terlihat lama, dan warna kuning
· Buku ini tidak menyertakan contoh kasus yang terjadi di lingkungan yang ada
· Buku ini juga kurang menampilkan gambar-gambar
PERBANDINGAN DARI DUA BUKU YANG BERBEDA
Berdasarkan resensi yang telah dibuat pada identitas buku I dan buku II tersebut dapat dibandingkan bahwa kedua buku tersebut memilki beberapa persamaan dan perbedaan yang terlihat. Adapun beberapa persamaan dan perbedaan dari kedua buku tersebut adalah sebagai berikut;
1. Persamaan
· Membahas tentang pengertian pendidikan.
· Mengajarkan bagaimana cara mendidik yang efisien.
2. Perbedaan
· Buku II tidak membahas secara rinci, sedangkan buku I membahas secara rinci.
· Buku II hanya membahas pendidikan saja, sedangkan buku I membahas manajemen pendidikan dan materi-materinya
· Bahasa pada buku II lebih teratur dan rapi, sedangkan buku I mudah dipahami tetapi ada beberapa kesalahan dalam penulisan kata.
Berdasarkan persamaan dan perbedaan dari dua buah buku di atas dapat kita ketahui bahwa buku I lebih bagus dan lebih baik dalam segi pembahasan dan untuk digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran, sebab buku I memiliki pembahasan yang lebih rinci dan jelas, Pembaca pun dapat lebih mengerti tentang manajemen pendidikan dan cara pengajaran yang efisien. Akan tetapi, bukan berarti buku II tidak bagus digunakan untuk lebih mendalami tentang pendidikan. Bahasa dan penggunaan kata oleh buku II lebih rapi an teratur dibandingkan buku I. Sedangkan buku I terdapat banyak kesalahan dalam pengetikan kata.
KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan di atas, penulis dapat menarik kesimpulan di antaranya:
- Kedua buku tersebut memeliki kesamaan atas dasar pembahasan manajemen pendidikan
- Kedua buku sama-sama dapat diterapkan didalam dunia pendidikan khususnya tentang pengorganisasian, maupun kepemimpinan.
- Buku I lebih baik digunakan dalam mempelajari manajemen Pendidikan maupun cara mendidik yang efisien di zaman sekarang dibanding buku II yang tidak rinci.
SARAN
Untuk lebih memahami tentang manajemen dan pendidikan sebaiknya dan seharusnya menggunakan dua buah buku atau lebih sehingga kita dapat lebih dalam lagi ilmu dan wawasan kita mengenai manajemen dan pendidikan.
Komentar
Posting Komentar